Keuntungan dan Kelemahan Jual Beli Online

Cucu : "Simbah, dapat barang bagus dari mana? bagus bener.."
Simbah : "Onlen cu.. "

Begitulah percakapan sehari hari disekita kita, semua orang sudah tahu semua orang sudah mengenal jual beli online. Tapi apakah kita tahu lebih dalam bagaimana kelemahan dan kekurangan jual beli online?


beberapa ini adalah keuntungan dari Jual Beli onlen

  1. Kentungan Jual beli Online adalah meskipun cuma di rumah atau dimanapun sudah bisa jalan jalan kemana saja. jadi bisa hemat waktu ongkos peralanan dan lain lain untuk melihat barang yang dicari.
  2. Kita bisa menemukan berbagai barang yang kita inginkan dengan mengetik apa yang kita cari.  kita dapat memastikan dimana toko yang menyediakan barang yang kita cari dan memastikan barang nya ada dan dapat di pesan/dibeli.
  3. Tidak perlu mendirikan bangunan / toko dan dan perlengkapan lainnya. Cukup menyediakan gudang atau tempat penyimpanan stok barang maka cukup di iklankan via online. Buat iklan via online sebaik baiknya seperti mendesain toko kita sebaik-sebaiknya. Dan itu mudah dilakukan dibandingkan dengan pembuatan toko secara fisik. Pembuatan toko secara fisik memakan biaya banyak. Selain itu biaya sewa lapak via online juga lebih murah dibandingkan dengan harus membayar pajak, perbaikan bangunan dan lain lain jika kita mendirikan lapak secara fisik.
  4. Iklan seluruh dunia dengan biaya yang sangat murah. Dengan masuk via online artinya kita memasarkan barang kita seluruh dunia. berbeda halnya kita membuka warung kelontong di depan rumah kita yang hanya akan menjangkau paling jauh mencapai RT sebelah.  Dengan kita menjual di online semua orang yang membutuhkan barang kita dapat mendaatkan barang kita tanpa terbatas oleh jarak.
Kekurangan berjualan atau membeli barang online :
  1. Dengan membeli barang secara online artinya kita tidak melihat barang secara langsung. Hanya dalam bentuk tulisan, gambar atau pun alam bentuk video. untuk melihat kualitas secara utuh menjadi terbatas.
  2. Banyak sekali penipuan, hal ini seringkali dilakukan oleh oknum penipu kepada para pembeli yang kurang waspada. Umumnya  transfer uang namun barangnya tidak dikirim. Pembeli biasanya tergiur oleh tawaran harga murah atau dengan alasan yang lain yang di berikan oleh para penipu online.  
  3. Rusak saat  pengiriman,.Namun bisa di atasi dengan biaya ekstra dengan packing khusus namun dengan biaya khusus. Biaya ini ditanggung sesuai kesepakatan antara penjual dan pembeli.
  4. Rentan pembobolan rekening. 
  5. banyaknya kasus spaming karena percakapan biasannya dilakukan via email. Hal akan dijadikan sarana memberikan katalog online secara terus menerus sehingga mengganggu baik pembeli maupun penjual

Artikel Terkait